Wakil Bupati Tana Tidung Buka Sosialisasi SP4N-LAPOR untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Redaksi

Tana Tidung, KALTARA – Wakil Bupati Tana Tidung secara resmi membuka Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) pada Senin (1/12/2025) di Ruang Rapat Wakil Bupati.

Kegiatan ini dihadiri oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta admin pengelola pengaduan dari masing-masing OPD. Hadir pula sebagai narasumber, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Utara, Maria Ulfa, S.E., M.Si.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menegaskan bahwa SP4N-LAPOR merupakan sistem penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Melalui platform ini, pemerintah menyediakan saluran aspirasi dan pengaduan yang terintegrasi, sederhana, cepat, serta transparan bagi seluruh masyarakat.

- Advertisement -
Ad imageAd image

Ia menjelaskan bahwa sistem ini dirancang agar pemerintah dapat mengelola setiap aduan secara efektif serta membuka ruang partisipasi publik dalam mengawasi dan memberikan masukan terhadap penyelenggaraan layanan.

“SP4N-LAPOR memberikan akses yang mudah dan cepat bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan aduan tanpa harus datang langsung ke instansi terkait. Ini juga mewujudkan kebijakan no wrong door policy, di mana setiap aduan akan disalurkan ke instansi yang berwenang sehingga tidak ada laporan yang terabaikan,” jelasnya.

Sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan publik di Kabupaten Tana Tidung dan memastikan penyelenggara layanan bekerja sesuai standar, peraturan, serta kebutuhan masyarakat.

Dengan terlaksananya sosialisasi ini, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung berharap setiap OPD dapat lebih responsif, profesional, dan proaktif dalam menindaklanjuti setiap aduan masyarakat demi terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.(****)

Share This Article